MOBIL BEKAS :  Aki dibutuhkan sebagai sumber energi listrik bagi mesin maupun perangkat elektronik lain pada mobil. Tentu akan sangat menjengkelkan jika mesin mobil tak bisa di-start atau komponen lain pada mobil tak berfungsi gara-gara aki mengering atau mati.

Jika hal ini terjadi, Anda perlu me-recharge atau mengisi tegangan listrik aki mobil Anda dengan beberapa cara. Antara lain adalah dengan 'jump start', yakni menghubungkan aki Anda dengan aki mobil lain. Atau me-recharge aki yang mati dengan charger portable yang mudah diperoleh di berbagai toko perlengkapan otomotif.

Berikut adalah beberapa faktor paling umum yang menyebabkan aki mobil mati (kering).

Sering mengemudi mobil dengan jarak pendek atau kurang dari 20 menit akan membuat alternator tidak memiliki cukup waktu untuk sepenuhnya mengisi ulang aki. Alhasil, aki berpotensi terkuras dengan sendirinya dan usia pemakaian pun makin singkat, yakni antara tiga hingga lima tahun.


Energi kimia dalam aki mobil diubah menjadi energi listrik melalui reaksi kimia. Suhu yang ekstrim panas atau dingin dapat mempengaruhi kelancaran reaksi kimia dalam aki. Suhu di bawah titik beku berpotensi membuat aki mobil mati, sehingga perlu di-charge ulang. Begitu pula suhu yang terlalu panas juga bisa membuat aki mobil cepat kering (mati).

Selain untuk men-start mesin mobil, aki juga diperlukan sebagai sumber energi berbagai peralatan listrik pada mobil seperti lampu, klakson, hingga pemutar musik, dan radio. Dengan adaptor, Anda juga dapat menggunakan aki mobil untuk men-charge telepon selular atau perangkat elektronik lainnya. 

Namun berbagai gadget tambahan ini bisa membuat aki bekerja terlalu keras, sehingga mudah kering. Energi pada aki juga akan lekas terkuras saat Anda lupa mematikan lampu depan atau tidak menutup pintu secara benar.


Beban kerja aki akan makin bertambah berat, jika komponen listrik dalam mobil difungsikan, sementara mesin mati.

Korosi adalah musuh utama aki. Korosi pada aki bisa membuat kinerjanya menurun signifikan. Ada berbagai cara untuk membersihkan korosi, yang umumnya terlihat seperti substansi tepung

Anda dapat menggunakan alat pembersih khusus terminal aki atau menggunakan spray khusus yang dirancang untuk membersihkan terminal aki mobil. Namun, sebaik apapun perawatan yang dilakukan, aki mobil tetap harus diganti setelah mencapai batas usia normalnya.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: