MOBIL BEKAS :  Setiap tahunnya, jutaan orang melakukan perjalanan pulang kampung (mudik) untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri demi menjaga tali silaturahmi. Mudik dengan kendaraan pribadi, membuat perjalanan memiliki nuansa yang berbeda. Keluarga bisa berinteraksi dengan mudah, waktu dan rute perjalanan bisa direncanakan sendiri, dan yang terpenting, bisa lebih hemat.

Selain mempersiapkan kendaraan yang akan digunakan untuk perjalanan mudik, jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan, yang wajib dilakukan adalah persiapan diri sendiri, yakni bagi pengemudi ataupun penumpangnya.

Bepergian jauh ke luar kota mengemudikan mobil sendiri bisa lebih melelahkan, ketimbang duduk manis di dalam kabin pesawat terbang, kereta api, atau bus antar kota. Selain perlu fisik yang prima, pemilihan waktu perjalanan juga berpengaruh pada perilaku mengemudi.

Persiapan diri sebelum dan saat mengemudi

Jaga kondisi fisik minimal dua hari sebelum keberangkatan. Pastikan tidur Anda tidak kurang dari tujuh jam sehari. Senam ringan selama 30 menit di pagi hari, setidaknya cukup menjaga kebugaran. Dan selalu berdoa sebelum melakukan perjalanan agar membuat mental Anda lebih baik.
Saat mengemudi, hindari minuman beralkohol dan obat yang menyebabkan kantuk. Jika Anda dalam proses pengobatan, konsultasikan dengan dokter jenis obat yang sesuai. Makanlah minimal sejam sebelum pergi, dan hindari makanan bersantan, pedas, asam, atau berbumbu tajam. Roti dan buah-buahan bisa dijadikan alternatif terbaik untuk konsumsi selama perjalanan.
Batas waktu manusia mampu berkonsentrasi mengemudi 2-3 jam. Jangan paksakan diri jika sudah merasa lelah. Beristirahatlah minimal 15 menit dalam interval 2-3 jam.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: