MOBIL BEKAS :  Kerja power steering tak lepas dari pemakaian cairan atau oli. Tak berbeda dengan bagian mesin lainnya yang membutuhkan pelumas, oli pada power steering pun akan mencapai batas waktu penggantian.

Masa pergantian power steering dapat dilakukan setelah mencapai 200 ribu kilometer atau sudah 1 tahun pemakaian. Namun, jika kemudi Anda seketika terasa begitu berat ada kemungkinan Anda harus mengganti oli power steering Anda.

Untuk mengganti oli power steering bukanlah pekerjaan yang sulit. Perangkat yang Anda butuhkan hanyalah selang, penjepit atau karet gelang, plastik dan wadah untuk menampung oli bekas.

Hal pertama yang dilakukan adalah menemukan tabung reservoir power steering. Untuk dapat menemukannya bukalah buku manual kendaraan Anda. Langkah selanjutnya adalah mengosongkan oli yang berada dalam reservoir dengan menyedotnya.

Pada tabung reservoir terdapat dua selang berbeda yang terhubung. Selang besar yang terhubung pada reservoir merupakan selang tekanan tinggi yang menghubungkan reservoir ke pompa power steering, sedangkan selang yang kecil merupakan selang tekanan rendah yang mengalirkan oli dari gear box power steering ke reservoir.

Lepas selang kecil kemudian sambungkan dengan selang tambahan yang ujung satunya bermuara di wadah penampung. Tutup lubang bekas selang kecil yang berada di tabung reservoir untuk menampung oli.

Saat ini persiapan menguras oli lama power steering sudah siap, tuangkan oli baru ke reservoir hingga batas pengisian. Hidupkan mesin Anda agar oli lama keluar melalui selang kecil, sebaiknya minta bantuan kerabat untuk mempermudah.

Pasalnya selama proses pengurasan ini tabung reservoir akan menjadi kosong karena mengisi gear box power steering, isi terus salam proses pengurasan. Hal ini perlu dilakukan agar tak ada udara yang masuk ke dalam power steering.

Jika oli yang keluar sudah menjadi bening karena oli baru, matikan mesin. Kemudian kembalikan posisi selang kecil ke tempat semula. Isi reservoir kembali jika ternyata belum mencapai batas maksimal.

Langkah selanjutnya adalah memberikan sirkulasi pada sistem power steering untuk mengeluarkan udara yang mungkin masuk saat pengurasan tadi. Nyalakan mesin kembali tunggu beberapa saat, kemudian putar kemudi ke kanan atau ke kiri penuh, dengan jeda sekitar 10 detik putar berlawanan arah kemudian kembalikan ke posisi netral.

Lakukan hal di atas berkali-kali sampai suara getaran akibat sirkulasi tersebut hilang, lalu periksa kembali tingkat oli pada reservoir dan tutup
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: