MOBIL BEKAS :  Ramainya pemasaran mobil baru seringkali membuat banyak orang berkeinginan untuk sekalian memperbaharui mobil yang dimilikinya supaya bisa mendapatkan mobil yang lebih update, dengan kepentingan yang bermacam-macam. Mulai akomodasi, performa, sampai sekedar hobi saja.


Salah satu langkah yang biasanya dilakukan adalah dengan menjual mobil lama, sehingga mendapatkan tambahan budget untuk mengakomodasi mobil baru yang hendak dibeli setelahnya.

Tapi langkah dalam menjual mobil juga tidak hanya serta merta bisa langsung dilakukan asal jual begitu saja, harus memerhatikan banyak hal. Supaya harga yang bisa didapatkan untuk mobil si penjual bisa optimal.

Di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan supaya mobil yang dijual bisa menyentuh harga maksimal dan memberi keuntungan bagi ke dua belah pihak. Mari disimak, Gan!

Mulai dengan Pahami Pasar

Pahamilah bahwa yang namanya mobil tidak akan bisa dijual sembarangan. Di beberapa daerah, beberapa jenis mobil malah akan dihargai selangit. Beberapa kondisi yang harus dipahami antara lain:

- Apabila memiliki mobil sedan atau MPV keluarga, targetlah di situs jual beli, ataupun tempat yang memang berisi orang-orang yang membutuhkan kendaraan dasar dengan harga yang miring

- Mobil klasik tidak akan dengan mudah bisa dijual di situs umum, lebih baik jika sebelumnya bisa gabung dan berkumpul dengan kumpulan komunitas sesama pecinta mobil klasik

- Mobil Sport serta convertible akan sangat sulit untuk dipasarkan di musim hujan dan di daerah-daerah seperti kota kecil.

Lanjut ke Tentukan Harga

Salah satu yang paling susah adalah menentukan harga, karena kaitannya akan juga berhubungan dengan kondisi mobil, odometer, serta harga mobil lain dalam pasar yang sama. Akan jauh lebih baik apabila sebelum menjual mobil, dimengerti dulu harga rata-rata dari mobil dan kondisi yang ada.

Lanjut ke Percantik Mobil

Penampilan dari mobil akan sangat mempengaruhi harga dan minat pembeli saat mobil dipajang. Beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan sebelum memajangnya antara lain:

- Mencuci body dan membersihkan jok menggunakan vacuum cleaner

- Pastikan tidak ada bekas hewan di dalam, di luar, maupun di bagian bawah mobil

- Ganti beberapa onderdil yang rusak dengan yang baru, menggunakan onderdil orisinil akan sangat direkomendasikan dan berpotensi menjaga harga tetap stabil.

- Minta tolong kepada teknisi/montir ahli untuk memeriksa kebersihan di bagian yang tidak bisa dilihat langsung, seperti mesin.

- Bersihkan secara total bagian dashboard

Lanjut ke Akan Dipasarkan di Mana

Dari sini, mulai menentukan arah kemana mobil ini akan dipasarkan bisa mulai dipertimbangkan, beberapa yang bisa dituju antara lain seperti situs jual beli otomotif, lewat social media facebook dan twitter, dari mulut ke mulut, atau yang paling sederhana, memberi label bahwa mobil 'DIJUAL' dan kemudian memarkirnya di pinggir jalan. 

Lanjut ke Buatlah Iklan Dengan Baik

Menggunakan label 'DIJUAL' sejujurnya bukanlah hal yang terbaik yang bisa dilakukan. Penambahan detail, terutama saat mobil dipasarkan lewat situs jual beli maupun sosial media akan sangat membantu supaya mobil bisa terjual dengan hasil yang bagus.

seperti penambahan detail mesin, ukuran mesin, tahun produksi, dan sebagainya. Selain itu, detail-detail dan kelengkapan akan membuat penjual terlihat memang serius dan profesional.

Lanjut ke Tunjukkan Kondisi Mobilnya

Saat ada calon pembeli sudah menghubungi kita, tugas kita bukan hanya menunjukkan bahwa di sini ada mobil dijual, tapi lebih dari sekedar itu.

Kondisi seperti luka pada body mobil yang ditutup-tutupi akan membuat siapapun yang menjual mobilnya dianggap penipu karena tidak menunjukkan kondisi sebenarnya.

Selain itu, record mobil ini dibeli dari mana, sejarah tentang berapa kali mobil ini masuk bengkel untuk diservis juga akan sangat membantu pembeli mengenali calon mobilnya, serta mengangkat reputasi penjualnya.

Lanjut ke Negosiasikan

Sebagai penjual tentu memiliki hak untuk pasang badan dan pasang harga, tapi yang jelas pembeli juga tidak akan serta merta untuk menyepakati harga mobil yang dijual, kecuali dalam kondisi tertentu.

Tidak perlu kaget apabila ada konsumen yang agak 'nakal' dengan menawar menggunakan harga yang sangat jauh dibawah dari keinginan, menyebutkan kelebihan-kelebihan dari mobil yang dijual akan menjadi pertimbangan yang baik supaya si pembeli tidak terlalu 'kejam' untuk melakukan penawaran.


Lanjut ke Kemungkinan Yang Lain

Kemungkinan minor yang biasanya terjadi adalah saat mobil ternyata memiliki riwayat kerusakan yang konstan di satu titik, biasanya penjual yang baik akan memaparkan dengan jujur apakah yang sudah terjadi dengan mobil yang akan dijual dan kemungkinan yang juga akan terjadi di masa depan.

Karena biasanya, kemungkinan akan keharusan mobil untuk masuk bengkel dalam waktu tertentu juga akan bisa mempengaruhi harga mobil. Biasanya pembeli akan meminta untuk menurunkan harga sebagai konsekuensi bahwa biaya yang kemungkinan akan keluar kembali adalah untuk maintenance dan reparasi lebih jauh.

Lanjut ke Selesaikan Penjualan

Bukan hanya melakukan kesepakatan, tapi mobil yang dijual harus berada dalam proses yang jelas, dalam hal ini pembayarannya misal. Apakah nanti akan dilakukan secara tunai, DP, maupun dilakukan secara banking, semuanya harus segera disepakati caranya di tahap ini.


Lanjut ke Aftersale


Beberapa hal yang harus diperhatikan saat aftersale, atau saat mobil sudah resmi berpindah tangan adalah, memastikan segala masalah sudah didiskusikan sebelum uang dan barang bertukar tempat. Karena tidak sedikit mobil yang dijual dan sudah menjadi milik orang lain ternyata masih menyisakan masalah yang diakibatkan pemilik lama.

Maka dari itu, yang paling akhir dan paling penting saat melakukan jual beli tersebut adalah bagian non-teknis itu sendiri, yakni masalah transparansi. Beberapa penjual mobil memberikan garansi tersendiri sehingga apabila sudah terjual, maka penjual masih melakukan kontak dengan pembeli.

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: