MOBIL BEKAS : Perubahan cuaca yang tak menentu belakangan ini pastilah akan mempengaruhi penampilan Anda, sebagai sarana pendukung aktivitas sehari-hari. Panas terik menyengat dapat berubah dalam sekejap dan berganti hujan bercampur angin. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, maka hal itu bisa merusak cat mobil. Hal ini tak bisa dibiarkan, sehingga dibutuhkan tindakan cepat untuk menghindarkan kerusakan cat yang menyebabkan warna mobil menjadi kusam.
Cat Mobil Kusam, Penampilan Jadi 'Muram

Cara instan banyak dilakukan para pemilik mobil, salah satunya adalah dengan menggunakan obat poles (polish) agar cat mobil tampak mengkilap. Namun pemakaian obat poles dalam jangka lama justru dapat memudarkan cat mobil. Untuk itu diberikan beberapa tips mudah agar agar cat mobil tetap terjaga warnanya.

Untuk itu, merawat cat mobil sebenarnya sederhana saja, meskipun sesekali kita juga tetap menggunakan obat poles yang dapat memberikan lapisan acrylic, yakni sejenis zat mirip plastik pada permukaan cat, sehingga dapat melindungi dan melapisi motor dari hujan dan terik matahari.

Perhatikan kondisi cuaca

Lebih tanggap dalam memantau cuaca sepertinya tak ada salahnya, usahakan memarkir kendaraan di tempat yang beratap untuk menghindari sengatan sinar matahari maupun hujan secara frontal. Jatuhnya sinar matahari secara langsung terus menerus pasti dapat merusak lapisan cat mobil. Begitu pula dengan hujan, bila tak sesegera dikeringkan alhasil ribuan noda bakal jamur akan menyerang.
Kondisi malam hari pun perlu diwaspadai, usahakan untuk menghindari embun langsung jatuh di lapisan body. Karena akan menjadi cikal-bakal munculnya karat, jadi bila tak punya garasi menggunakan cover body rasanya cukup.

Cuci mobil sendiri

Ada baiknya Anda pun sesekali mencuci mobil sendiri tanpa harus menyerahkan ke penyedia layanan car wash alias pencucian mobil. Dalam mencuci mobil hindari penggunaan sabun deterjen yang memiliki kandungan zat kimia berat, karena akan memudarkan warna cat. Menggunakan shampoo khusus mobil memang dianjurkan, namun bila dalam keadaan terpaksa shampoo rambut dapat digunakan asal tidak mengandung deterjen tentunya.
Usahakan untuk menghindari busa sabun menempel terlalu lama pada cat mobil, terlebih di bawah sinar matahari langsung dan baiknya sesegera mungkin disiram/bilas.

Cucilah di tempat terbuka

Idealnya cucilah mobil di tempat terbuka dan teduh, dan kendaraan dalam kondisi dingin. Basuh hingga merata sebelum diberi shampoo, kemudian cepat bilas dan keringkan, mulai dari bagian atas kaca, atap body hingga bawah. Makin baik lagi bila Anda memiliki kompresor angin untuk melibas air-air yang menyelinap di sela-sela yang tak terjangkau.

Jangan biarkan noda menempel terlalu lama

Sesegera hilangkan jika terdapat noda-noda kasar yang menempel pada body, biasanya percikan aspal. Ada baiknya menghilangkan debu dengan menggunakan bulu-bulu untuk menghindari baret di permukaan body.

Hindari tetesan minyak rem

Bahaya lainnya berupa percikan minyak rem dan kopling, karena dalam waktu yang terus menerus dapat menyebabkan korosi/karat dan keropos pada body mobil.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: