MOBIL BEKAS :   Mobil yang memiliki pintu geser (sliding door), yang biasanya dimiliki oleh jenis-jenis van, memberikan keleluasaan lebih pada penumpang saat keluar dan masuk kabin. Namun, jika tak dibarengi dengan perawatan yang rutin, maka keunggulan tersebut berubah menjadi bencana, saat pintu macet alias tak bisa dibuka karena kotor ataupun berkarat.

Mekanisme pintu geser bisa secara elektrik ataupun manual. Walau tak memiliki rangkaian komponen yang serumit mesin, namun seiring pemakaian dan umur, peranti ini juga perlu perawatan.

Yang terpenting adalah menjaga kebersihan rel dan bearing. Dari beberapa kasus yang dialami oleh para pemilik mobil berpintu geser, penyebab utamanya berasal dari macetnya pintu karena kondisi yang kurang bersih, sehingga berkarat.

Pada dasarnya, pintu dirancang untuk low maintenance. Maka dari itu, perawatannya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri. Berbekal cairan pembersih, gemuk, dan kain lap, panduan berikut bisa menjaga kondisi pintu tetap prima.

• Perhatikan kondisi rel. Gunakan lap bersih yang telah disemprot cairan pembersih (pelumas semprot) untuk menghilangkan kotoran dan sisa pelumas.
• Setelah rel dibersihkan, olesi rel dengan gemuk (pelumas pasta) yang mengandung parafin (hindari gemuk atau gel yang mengandung oli, karena justru akan memudahkan debu menempel).
• Maju mundurkan pintu beberapa saat. Bila pintu terdengar gaduh, itu berarti bearing kurang pelumasan.
• Bersihkan pula bearing yang kontak dengan rel.

• Mekanisme pintu geser dirancang agar mudah tertutup sesaat setelah handle dioperasikan. Jadi, tak perlu banyak tenaga untuk menggerakkannya. Jika terlalu sering dibanting, mekanisme pengait bisa berumur pendek.

Satu hal lagi yang menjadi kunci, yakni kemauan keras dan kedisiplinan untuk melakukan perawatan pribadi pada mobil Anda. Niscaya, performa mobil pun akan tetap terjaga dan nyaman untuk dikendarai. Apa yang Anda lakukan pada mobil Anda, maka akan sepadan dengan yang Anda rasakan saat berada di dalamnya. (Sumber: Hyundai)
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: