Kepincut berburu sedan Peugeot 406 second setelah menonton film TAXI, atau memang jatuh cinta dengan bentuknya yang khas Eropa, tetapi khawatir dengan ungkapan 'mobil Eropa susah merawatnya'? Dilematis memang, walaupun sebenarnya bukan susah merawat, melainkan kita perlu mengenalnya lebih jauh.

Mau Peugeot 406 Anti 'Overheat'? Kuras Radiatornya!

Mobil Eropa sendiri justru terkenal nyaman dan memiliki keunikan dalam teknologi. Radiator misalnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, contohnya ketika kita ingin mengurasnya supaya mesin tetap sejuk dan bekerja lancar, dan tidak overheat. Berikut ini cara dan tipsnya:
- Dalam hal ini, kita perlu memperhatikan empat tutup dalam sistem radiator mesin Peugeot 406, yaitu tutup radiator, katup pembuangan di kanan bawah radiator, pentil di pipa radiator yang ke arah kabin, dan reservoir radiator.
- Siapkan dua botol radiator flush dan dua botol radiator coolant (pilih yang berwarna merah).
- Nyalakan mesin mobil hingga temperatur cukup (sekitar level 70).
- Matikan mesin, dan masukkan satu botol radiator flush, kemudian hidupkan kembali mesin lalu tekan pedal gas hingga putaran mesin 2.000 rpm selama 5 menit, lalu biarkan mesin berputar sendiri selama 10 menit.
- Matikan mesin, buka tutup radiator, buka katup pembuangan di kanan bawah radiator (kanan berarti kita berhadapan dengan mulut mobil).
- Buka pentil pipa radiator (supaya aliran air lancar) dan masukkan selang air dari rumah ke reservoir radiator, lantas hidupkan pompa air, dan hidupkan mesin. Biarkan mesin menyala terus selama 10 menit.
- Matikan mesin. Biarkan air dari selang mengalir terus selama 5 menit, lalu angkat selang air dari radiator dan biarkan air dari radiator keluar sampai sekering mungkin.
- Tutup katup pembuangan bawah, isi radiator flush ke radiator dan tambahkan air hingga penuh sampai keluar dari pentil. Setelahnya, tutup pentil dan tutup reservoir.
- Hidupkan kembali mesin lalu tekan pedal gas hingga putaran mesin 2.000 rpm selama 5 menit, lalu biarkan mesin berputar sendiri selama 10 menit.
- Matikan mesin, buka pentil, serta buka penutup radiator dan katup pembuangan, lalu biarkan air radiator keluar sampai habis.
- Tutup katup pembuangan, isi lagi air ke radiator sampai penuh, hingga keluar dari pentil, lantas nyalakan lagi mesin 5 - 10 menit.
- Buka lagi katup bawah, pentil, dan tutup radiator, lantas biarkan air keluar sampai habis.
- Langsung setelah air habis, tutuplah katup bawah dan isi dengan coolant sebanyak dua botol tadi. Selanjutnya tambahkan air dari selang hingga air yang keluar dari pentil tidak lagi bergelembung
- Biarkan air keluar di pentil sampai air di reservoir sedikit di bawah batas maksimum, lalu pasang pentil dan pasang tutup reservoir. Pengurasan pun selesai.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: